Monday, July 17, 2006

PR tentang Hal Terburuk & Terindah dalam Hidupku....



PR .. PR… dapat lemparan dari Lia... serba 6 tentang hal terburuk dan terindah yang pernah aku alami dalam hidupku ini....

6 hal terburuk yang pernah terjadi dalam hidup ku…

1. May 1987 ... adik laki2 satu2nya meninggal dalam kecelakaan lalin di Surabaya. Antara percaya dan tidak... tapi kenyataannya ya itu... di depan mata dia terbaring dalam senyum dan tanpa luka berarti di permukaan kulit...

2. July 1992 ... waktu keguguran baby pertama (dan satu-satunya)… Sebelum hamil, aku pernah bilang kalo aku pingin punya anak setelah settled down: punya kerjaan, punya rumah, punya mobil, punya tabungan… semuanya udah ada, cuman… satu yang aku lupa bilang, suami juga harus ada di samping dong … (waktu itu suami baru aja dapat tawaran kerjaan baru di Jakarta). Eh.. rupanya si jabang bayi tau kalo masih ada yang ketinggalan, jadinya dia nggak mau bertahan tinggal di dalam rahimku…

3. September 1992, sahabat terdekat di Salatiga harus berangkat ke UK untuk study lanjut... padahal waktu itu suami harus tugas di Batam selama 3 bulan... uh.. pokoknya sedih banget....

4. Maret 2000, waktu papi tercinta dipanggil Tuhan setelah kena stroke selama 7 taon gara-gara adik meninggal. Untuk Chinese, anak cowok kan segalanya.. setelah adik meninggal, papi jadi stress dan suatu hari jatuh kemudian kena stroke.. Begitu sering aku ajak papi untuk ke Singapore nengokin anaknya ini, tapi belum juga terkabul, papi udah pergi…[*Makanya kalo ada niat untuk orang tua sebaiknya cepet2 dilakukan supaya nggak nyesel kalo kesempatan itu hilang*]

5. Mei 2003, mami tersayang menyusul dan menemani papi menghadap Tuhan. Mereka berdua selalu berduaan.... jadi bisa dibayangin gimana perasaan mami setelah ditinggal belahan jiwanya.. Yang membuat aku menyesal waktu itu, aku sudah merencanakan untuk mudik ke Surabaya hari Rabunya, eh... Sabtu sore dapat telpon dari adik kalo mami nggak bisa bertahan lagi. Aku sempat ngomong ke mami via telpon untuk nunggu sampe aku balik hari Seninnya... eh... rupanya panggilan dari Tuhan tidak bisa menunggu sampai kami balik Surabaya. Sabtu malam langsung mberesin kerjaan di kantor dan langsung nyari tiket via internet untuk terbang ke Surabaya via Jakarta minggu pagi2

6. apa lagi ya... apa lagi ya... kayaknya nggak banyak2 amat kejadian buruk yang terjadi dalam hidupku ini… Soalnya disuruh nulis enam aja cuman nemu 5 tuh… Tentu aja ada kejadian2 lain yang membuat aku nggak happy, seperti waktu bertengkar hebat dengan eks boyfriend (sekarang suami) sampe2 mikir mau putus segala… (tapi nggak jadi *urut2 dada* untung ya…), dimarahin ortu karena berbuat kesalahan.., kehilangan tabungan pribadi untuk bekal nikah [*dan kebetulan juga calon suami juga habis kecopetan duit dia... padahal kalo dijumlahin, duit yang hilang itu bisa dipake untuk beli mobil lho... ukuran waktu itu*], .... yang lainnya gak inget deh... soalnya banyak hal yang keliatannya buruk, tapi setelah sejangka waktu, kok ya ada hikmahnya gitu lho.. jadinya kesan buruknya terhapus jadi samar2 dan menjadi ‘agak nggak buruk’ lagi kok...


6 hal terindah dalam hidupku [kayaknya banyak banget lho…… makanya yang sabar bacanya ya… karena ceritaku akan puaaannnnjanngggg buaaangetttt]:

1. Waktu naksir cowok semasa SMA... dan dia nawarin aku ikut numpang mobilnya untuk diantar pulang, karena rumah kami searah.. wuih…. Selangit deh [*ssssssttttt.. jangan kasih tau suamiku ya..*]. Cinta pertama dan cinta monyet… hihihihi.

2. Waktu diterima kuliah dengan nilai baik dan uang sumbangan yang cukup murah di Satya Wacana, Salatiga… bisa keluar dari Surabaya dan belajar hidup mandiri di kota kecil yang dingin… Juga waktu pertama kali ditawarin jadi assisten dosen dan terima honor pertama.. wow.. merasa jadi orang terkaya sedunia, karena honor yang didapat lumayan lho... [ kalo di itung2, jumlah honor yang aku terima selama jadi assisten dosen udah nutup uang sumbangan plus uang kuliah lho... thanks to G-S yang sudah meyakinkan aku untuk menerima tawaran jadi assisten lho – mata pelajaran kimia anorganik--... soalnya mula2nya aku nggak punya keberanian untuk menerima karena takut ini takut itu.. ]

3. Waktu ada acara study excursion ke Jawa Timur dan cowok yang aku naksir kok kayaknya ngasih response yang positif… uh… rasanya waktu yang seminggu itu penuh dengan bunga2 deh .. lha iya toch... kami kan kuliah pertanian, tentu aja acara excursionnya ya banyak yang ke kebun2 dong... dan biasanya kebun kan banyak bunganya kan?? Yang masih segar dalam ingetan, dia nungguin aku waktu perut berontak setelah naik bis semalaman dari Salatiga ke Malang, nemenin ke pasar malam yang ramenya minta ampun, ngambilin apel dari kebunnya pak Rapi’i di Batu, jalan berdua ke puncak Bromo yang dingin... brrrrr.... brrrrr.... sampe akhirnya kami jadian setelah pulang dari study excursion... terus... teruss... ya... tau kan? Apalagi waktu dia bilang the 3 magic words di atas becak waktu ujan deres sepulang dari Semarang ke Salatiga.

4. Waktu lulus kuliah dan dapat kehormatan untuk berdiri en duduk di barisan terdepan dengan warna kuncir toga khusus (karena aku lulus dengan nilai terbaik, *sekedar cerita bukan buat nyombongin diri yah*).. Aku cuman bisa bersyukur karena berhasil ngasih ke ortu rasa kebanggaan itu bahwa anaknya berhasil menyelesaikan kuliah dengan nilai yang tidak memalukan, meski dalam masa-masa kuliah itu keadaan ekonomi ortu lagi jatuh bangun, tapi Tuhan selalu menyediakan dana yang dibutuhkan untuk bayar uang kost, biaya hidup dan uang kuliah tepat pada waktunya, antara lain dengan menjadi assisten dosen itu... bener2 ngebantu banget, terima kasih ya Tuhan... Lagian, sebelum aku diwisuda, aku udah dapat kerjaan di Pusat Pelayanan Komputer (Puspelkom) Satya Wacana... Cerita tentang gimana proses dapat kerjaan ini juga adalah berkat dari Tuhan sendiri. Soalnya, waktu ada lowongan kerjaan di situ, aku coba2 ngelamar sambil bilang ke mereka, aku ini buta total tentang komputer boleh ngelamar nggak ? HRnya bilang, asal kamu ngerti bahasa Inggris dan mau belajar, boleh ngelamar. Mula-2 test IQ…. .. no problem [iya dong, IQ gue kan nggak jongkok], kemudian waktu di test bahasa Inggris… nah ini masalahnya. Salah satu pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris menyuruh aku SWITCH ON THE CPU … aku ngerti maksudnya, tapi aku nggak tau tombol POWERnya dimana ? Aku tanya ama yang nge-test, "WHERE IS THE SWICTH ??" Orang tersebut ngeliat ke aku sambil nanya: “ U don’t know? U never used computer before?” Aku jawab aja dengan kalem… “NO, I NEVER USED NOT EVEN TOUCH COMPUTER BEFORE”…. Hohoho.. dia pasti mikir, sableng banget anak ini (waktu itu aku kan masih muda hor), nggak pernah megang komputer kok berani-beraninya ngelamar kerjaan di pusat komputer.... Yah... setelah itu aku harus nunggu hasil test selama 2 mingguan tanpa berani berharap banyak, sampe aku pikir .. paling2 juga lolos... nggak diterima... eh.. suatu hari terima surat yang menyuruh aku menghadap ke direkturnya dan dibilangin kalo aku diterima dan langsung disuruh ikutan kelas komputer yang ada.... kelas dBASE 3Plus... WordStar... dan Lotus yang saat itu baru dimulai.. setelah 2 minggu kemudian langsung kerja dan dapat kerjaan di unit perangkat lunak, bagian programming. Gaji pokok pertamaku RP. 150,000…… golongan 3A… Kerjaanku selain di programming juga ngajar kelas computer dan kursus, bahkan juga ngajar eks dosen2 ku dulu..

5. Setelah akhirnya aku dan dia (sekarang sih status dia adalah bekas pacar ya) sama2 lulus kuliah, dapet kerjaan, kemudian dipaksa nikah (lho... kok dipaksa sih? Bener lho.. kami dipaksa nikah, soalnya tiap kali ditanya ortu kapan mau nikah, kami selalu bilang, TUNGGU DULU... MAU NGUMPULIN DUIT DULU.... MAU KEJAR TAYANG, EH.. KEJAR KARRIER DULU... dll... akhirnya kami mempersiapkan pernikahan kami, dan akhirnya.. akhirnya... tgl 25 Maret 1989 kami resmi menikah di catatan sipil Salatiga, dan tgl 27 Desember 1989 kami menerima berkat di gereja di Surabaya). Resmilah diriku ini menjadi isterinya Bagio... dan status dia dari pacar berubah menjadi suami deh!

6a. Waktu bisa pergi ke luar negeri untuk pertama kalinya, sekitar Mei 1993.. .nggak tanggung2 aku pergi selama 5 minggu, ninggalin suami sendirian di Yogya. Waktu itu, aku nggak kerja karena barusan pindah ke Yogya setelah keluar dari Satya Wacana. Trip pertama ke Singapore (transit doang) untuk langsung ke Taiwan selama 3 minggu, dari Taipei, Taichung, Taitung, Tainan, KaoShiung, MiaoLi, HuaLian, dll..), dan 2 minggu terakhir ke Anaheim, USA., untuk kemudian nginep semalam di Le Meridien Changi sebelum balik ke Indo... Kepergian ini dapat sponsor dari tante yang tau kalo sejak dulu aku tuh pingin banget bisa jalan2 ke luar negeri... Ma kasih ya KUKU ....

6b. nambah dikit ya... kebahagiaan lainnya yang aku rasakan:
(i). bisa beli rumah sendiri di Salatiga, meski cuman rumah BTN dan type 49 yang sampe sekarang masih ada dan ditempati temen (keluarga mas Joko/mbak Endang)
(ii) beli mobil bekas, Daihatsu Hi Jet 55 warna biru.. yang kegores waktu hari pertama diantar ke kami dan nabrak bis waktu pertama kali kami bawa balik ke Surabaya... walah.. walah...
(iii) waktu suami dapat tawaran untuk pindah/kerja di Singapore... kami mau aja.. dan waktu itu rencananya paling2 juga cuman 1 taon doang...eh.. keterusan sampe sekarang. Nggak tau masih berapa lama lagi kami bakal tinggal di tiny toon island ini ....
(iv) waktu PR Singapore kami diapproved setelah 2.5 bulan nunggu
(v) bisa beli rumah pertama kali di Bukit Batok, blok 231, 3 room flat setelah ditunggu2 selama 3 taon. Kami bisa beli rumah, karena harga rumah waktu itu drop setelah krismon dan tabungan kami just nice...pas-pasan untuk bayar uang muka rumah (soalnya waktu itu CPF kami cuman paling2 beberapa ratus dollar doang..)
(vi) waktu ngeliat dan megang salju untuk pertama kalinya di Mt. Buller, Victoria, Australia... langsung deh sms ke suami.... AKU UDAH NGELIAT SALJU.... hehehe.. dasar!
(vi) the best is aku bisa dapet suami yang baik dan setia, meski dia nggak berlimpah harta dan nggak romantis..... I always thanks God for giving me such a good husband....
(vii) punya saudara(s) dan temen(s) yang baik yang selalu berada di sekitar ku.... yang menolong en menopang en... apa aja deh.. pokoknya aku bersyukur kalo masih ada begitu banyak orang baik di dunia ini...


Itulah PR yang aku buat untuk memenuhi timpukan dari Lia.
Lia… Lia.. aku dapet nilai berapa nich???

Enaknya aku lemparkan ke siapa ya??? Ayo.. yang mau angkat tangan dan kasih tau ya... aku tunggu. Ntar aku kasih apel deh..

9 comments:

Lia said...

waaah asyiiik banget mbaca punyamu mbak susan dapat nilai 98% he he he ngaco abis ......
cerita lama nih yeee taksir2an jadi ngingetin daku juga nih sama2 di becak sama mantan ehemm ...tapi sayangnya putus ditengah jalan hiks...(nggak jodoh kali yah)

Anonymous said...

devi-tampines

wah........tak cik hehehe(dont angry dong)gw kasih 99,99 nih utk ceritanya,yg 6 terindah bagussssss bgt ceritanya seneng bacanya
yg 6 terburuknya sedih, tp kan dah lewat ya jd gak ush di inget2 lg, lagian adek,mami sm papi pasti dah ngumpul semua disana.
san,gw ngiri nih lu diundang lia,gw kok gak(hehehehe emang lia kenal gw?gak d, cuma gw aja yg suka ke blog2 nya ism baca bagus2 cerita nya. c u on thursday ya,gw jgn di tinggal.

ibu aci said...

mampir...baca2, lha kok yogya? pernah tinggal di yogya tho mbak,tempat mudik tahunan kami tuh !! hmm....seru ih, travelling melulu ceritanya.

susana said...

Ibu Aci yang manis,
iya tuch.. kami pernah tinggal di Sleman, dekat Maguwoharjo, Yogya selama +/- 1.5 taon sebelum nyangkut di Singapore...
Aku seneng banget ama Yogya... taon lalu sempat mampir & nginep di Yogya lagi, kapan2 aku cerita lagi ya.. salam buat si cakep Naufal.

Anonymous said...

Here are some links that I believe will be interested

Anonymous said...

Here are some links that I believe will be interested

Anonymous said...

Keep up the good work. thnx!
»

Anonymous said...

Keep up the good work. thnx!
»

raybanoutlet001 said...

cheap mlb jerseys
yeezy boost 350
kobe basketball shoes
chrome hearts online
ray ban uk,cheap ray ban sunglasses
ray ban sunglasses
http://www.cheap--jordans.us.com
http://www.jordansforcheap.us.com
adidas nmd runner
oakley vault
chrome hearts wholesale
tiffany and co jewelry
fitflops clearance
nike zoom running shoe
fitflops
http://www.tiffanyand.co.uk
yeezy boost 350
adidas tubular sale
cheap uggs
ray ban sunglasses,ray ban outlet,ray ban sale,cheap ray bans,cheap ray ban sunglasses,ray ban sunglasses outlet,ray ban,rayban,ray bans,ray-ban,raybans,ray ban wayfarer,ray-ban sunglasses,raybans.com,rayban sunglasses,cheap ray ban
http://www.tiffanyandcojewellery.us.com
http://www.yeezyboost350.uk
tiffany and co outlet
chrome hearts
nike zoom
cheap retro jordans
tiffany and co jewellery
adidas tubular runner
kobe shoes
http://www.cheap-airjordans.us.com
mlb jerseys
ralph lauren online,cheap ralph lauren
nfl jerseys from china
huarache shoes
true religion sale
oakley sunglasses,oakley vault,oakley sunglasses cheap,oakleys,oakley.com,sunglasses outlet,cheap oakley
yeezy boost 350