Thursday, August 10, 2006

Kampung Glam Area

Sore-sore pulang kerja, nganter krupuk pesenannya Gita-ISM di Bugis. Berhubung masih agak pagian dan pingin parkir yang gratisan... jadinya kami parkir di dekat Bussaroh St, dekat Bagdad Street (daerah ini lebih terkenal sebagai Kampung Glam atau daerah Arab St yang terkenal sebagai daerah pusat penjualan tekstil yang cantik2 dengan harga per meternya lumayan mahal).

Setelah ketemuan dengan Jeng Gita beserta anak dan suaminya, kamipun jalan2 di sekitar kampung Glam ini. Ternyata daerah ini rame juga dengan mereka2 yang santai minum kopi ataupun makan.
Banyak restaurant ataupun cafe yang menjual halal food di sini. Juga toko2 yang menjual souveniers, karena lokasinya yang dekat dengan 2 hotel, yaitu Golden Landmark Hotel dan Plaza Hotel. Juga di dekat sini ada Malay Heritage Centre, yang katanya bekas istana Sultan.., yaitu Istana Kampong Gelam (yang dibangun tahun 1840) dan di sebelah istana Sultan ada mesjid yang terkenal dengan nama Mesjid Sultan (yang katanya mesjid paling tua dan paling besar di Singapore, dibangun tahun 1825). Sekarang aku tau, kenapa di jalan utama yang di sebelahnya itu disebut Jalan Sultan... ternyata gitu toh asal usul namanya?? Sultan Alauddi Shah adalah nama Sultan yang memerintah pada masa itu.




Berhubung udah sore... maka museum Melayunya udah tutup (cuman buka sampai jam 6 aja). Jadinya cuman bisa ngambil gambar dari luar...


Dari Malay Heritage Centre, kami jalan lagi, dan dari kejauhan nampak gedung yang agaknya lama tapi baru, pokoknya cukup menarik perhatian kami untuk mendekatinya.. Nama jalannya Aliwal Street.. (gak tau tuh artinya apa atau didapat dari nama apa ya?).

Ternyata gedung itu dibangun tahun 1938 dan merupakan bekas sekolahan yang sekarang udah dialihfungsikan menjadi pertokoan dan perkantoran.

Salah satu toko yang menarik perhatian adalah toko costum... banyak costum yang aneh-aneh dari baju, wig (rambut palsu), dasi, dan lain sebagainya... yang dapat dijumpai di toko ini.

Di luar tokonya, ada foto mobil antik ini.. kayaknya sih mobilnya Batman ya...? Kalo bukan, tolong kasih tau ya...

Foto yang satunya ... liat tuh dasi dengan gambar yang menyeramkan, hiiii!

Yang pingin jalan2 ke sono, monggo... MRT terdekat adalah Bugis MRT dan Lavender MRT (daerah ini terletak di antaranya)... untuk yang mau naik bis, cari aja bis yang lewat di Beach Road, Jalan Sultan, North Bridge Road, dllnya...

Cerita dan sejarah Kampung_Gelam bisa dibaca di sini.

Sedang keterangan mengenai Malay Heritage Centre bisa diliat di websitenya disini.

19 comments:

-ndutyke said...

HALAL food??

"Try misteerr..tryy..."
*ngikutin iklannya extrajoss gituh...*

hihihi...
asik ya di sana, hiks jd pengen juga tinggal disana. moga2 suatu saat kesampean :D

Xty said...

kemaren gue makan di kampung madura :D

putri said...

asyik jalan-jalannya... kapan2 ikutan :)
lam kenal...

Bagio n Susana said...

Ayo...ayo... yang mau ikutan jalan2? Pokoknya ditanggung assyik deh....
Untuk Putri, aku gak bisa berkunjung ke blognya, soalnya selalu error tuh.. kenape ya?

Salam,

Anonymous said...

Best regards from NY! Casablanca link for moving company Cisco interface processor used versitile Waeco propane camping freezer Countryside heating and air minnesota nh hockey http://www.merchant-account-9.info/Visamerchantaccount.html Running gait effexor and maxalt interaction

Anonymous said...

yOcJ1l The best blog you have!

Anonymous said...

pveXm8 Hello all!

Anonymous said...

Magnific!

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

actually, that's brilliant. Thank you. I'm going to pass that on to a couple of people.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Thanks to author.

Anonymous said...

Nice Article.

Anonymous said...

Please write anything else!

Anonymous said...

xviuLd write more, thanks.

Anonymous said...

Wonderful blog.

Anonymous said...

Wonderful blog.