Wednesday, August 16, 2006

Hari Kemerdekaan Indonesia


17 Agustus tahun empat lima,
Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka, nusa dan bangsa,
hari lahirnya bangsa Indonesia

Merdeka...!
Sekali merdeka tetap merdeka...

(kalimat terakhirnya apa ya... bener2 gak inget, bantuin dong...!)
hihi... mencoba mengingat lagu yang biasa dinyanyikan waktu upacara bendera setiap tanggal 17 Agustus mulai dari SD sampai SMA..dan sekali-kali waktu kuliah...

Aku posting ini gara2 si WeWin yang ngingetin aku untuk pasang bendera segala... Selama 12 taon di Singapore, belum pernah sekalipun aku pasang bendera lho, karena di sini kan bukan keharusan untuk masang bendera meski aku punya benderanya [maksudku, bendera Singapore].

Semoga negara Indonesia beserta seluruh rakyatnya bisa menikmati kemerdekaan yang sesungguhnya...
Untuk yang tinggal di Indonesia, selamat menikmati acara-acara perayaan tujuh belasan yang biasanya sangat ramai, apalagi kalo di kampung-kampung.

Berikut ini nyomot dari salah satu milis, yang pas dengan postingan kali ini:

Dalam rangka 17 Agustus 2006,, berhubung kita sudah otonomi daerah, maka disetiap upacara khusus : Pengucapan Pancasila harus sesuai dengan bahasa daerahnya... ..

Pancasila (Jawa)
siji: Gusti Alllah ora ono kancane
loro: Dadi wong kudu sing adil lan ojo kejem-kejem
telu: Indonesia bersatu kabeh
papat: karo tonggo-tonggo nek ono masalah diomongno bareng-bareng opo o
limo: mangan ra mangan sing penting kumpul

Pancasila (Sunda)
hiji: Gusti Allah eta sorangan sareng ageng pisan
dua: ka sorangan teh sikapna kudu sami, ulah ngabeda-beda keun..
tilu: Indonesia kuduna mah jadi hiji
Opat: Ra'yat Indonesia sae na pang mutuskeun sagala teh disepakat keunheula. Kedah bager lan bijaksana
Lima: Ceunah teh sikap sosialna kudu adil hiji sareng batur.

Pancasila (Batak Toba)
Sada: Dang adong na pajago-jagohon di jolo ni Debata
Dua : Maradat tu sude jolma
Tolu : Punguan ni halak Indonesia
Opat : Marbadai ... marbadai, dungi mardame
Lima : Godang pe habis saotik pe sukkup

Poncosilo (jawa kromo)
kaping setunggal: Gusti ingkang Maha satunggal
kaping kalih: Tiangingkang Adil lan beradab
kaping tiga: persetunggalan Indonesia
kaping sekawan: Kerakyatan ingkang dipimpin kaliyan hikmat lan kewicaksonoan dateng permusyawaratan kang diwakilkan.
kaping gangsal:Adil kang sosial kangge sakabehe tiang

IndonesiaPancasila (Palembang)
sute: Tuhan ne sute tu'la
due: jelme harus khapat same rate
tige: jelme Indones iane bersatu padu
empat: jeleme Indonesiane diketuci ngai hikmah dimane ngedapatkan jawaban dadi gegale masalah
Leme: kesameratean hidup ne jelmekangok Indonesia...

Pancasila (Ambon)
1. Torang samua tawu cuma ada Tuang Allah yaitu Tete manu...
2. Orang ambon samu harus tau adat
3. acang deng obet harus bisa bakubae
4.Paitua deng maitua harus bae-bae di rumah rakyat
5. samu harus bisa jaga diri karna ambon lapar makan orang.......

Pancasila (Manado)
1. Cuma boleh ba satu Tuhan
2. Selalu adil kong ja pake ontak
3. Torang samua satu, Bangsa Indonesia
4. Tu rakyat musti slalu bakumpul kong bicara bae-2 spy slalu ada kaputusan gagah yg semua trima deng nang hati.
5. voor seluruh rakyat Indonesia, nyanda ada tu jabaku kase beda-2 perlakuan.

Pancasilo (Padang)
ciek: Bintang Basagi Limo
duo: Rantai pangikek kudo
tigo: pohon baringin gadang ta'mpek kito bacinto
ampek: kapalo banteng bataduk duo
limo: padi jo kapeh pambaluik nan luko..

9 comments:

ibu aci said...

itu pancasilanya lucu ya kalo diversikan bhs daerah.....

btw,itu lagu masih panjang lagi mbak.tp syair yg kepotong itu kalimat terakhirnya:
"selama hayat masih dikandung badan"

salam MERDEKA !!!en belajar nyanyi yuuukk ama cah bagus yg malah seneng lagu majulah singapura. hihihi

dian mercury said...

merdeka !! atau jangan2x masih dijajah belanda neh hehhe....

salam kenal juga

Bagio n Susana said...

Aci, makasih ya... atas tambahannya.. aku bener2 mak LEP.. gak inget apa2.. Ah.. cah bagus, belajar lagu Maju Tak Gentar aja yuk... sambil bawa bendera merah putih... tanpa bintang lho...

Dian,
tks udah mampir... kalo boleh milih aku gak mau dijajah Belanda ah...

Merdeka!

putri said...

Wahhh kreatif juga nih... emang bisa banyak bahasa daerah gitu atau diterjemahin aja ;)

Salam Merdeka juga....

kevin said...

Merdeka juga San ;)... asyik ya kalo di Indo uda pade goyang Dangdut nih he he he ;)

XXX Shierly
http://www.freewebs.com/shierlynet/homepage.html

We-win said...

Wah baru bisa tengok2 lagi nih......ternyata dah pasang bendera juga ya Bu.....:p
Sila2 dari Pancasilanya cool mbok....hehehe.....idenya ok banget nerjemahin itu ke bahasa daerah.....

SALAM MERDEKA Susana.....^_^

Anonymous said...

Hi susana, merdeka yoy! wahhh tulisan milis bisa dibaca disini juga. hahaha...ngapain aja nih 17 aug?

yuliana
http://sinarta.com

Miming said...

ih.. Mbak kreatip banget yo jg bikin 'Pancasila' itu. Bojo-ku pasti ketawa deh ntar bacanya..

Miming said...

Mbak, postingan ini buatmu: Pancasila