Tuesday, November 25, 2008

Mohon Bantuan untuk mencari Anak Hilang..

Saya menerima berita di bawah dari salah seorang alumni UKSW yang meminta bantuan...
Sengaja saya pasang di blog ini, kalau2 ada temen atau siapa saja yang membaca berita ini yang bisa membantu... Semoga bisa cepat ditemukan dalam keadaan selamat tanpa kekurangan apapun...





KRONOLOGIS KEJADIAN
Pelapor: Nama : WIWIK INDRIANI, SH.,Sp.N.
Hubungan : Ibu terlapor
Pekerjaan : Notaris
Alamat : Perum Taman Mutira Tingkir Tengah Salatiga
No yg dapat dihubungi : ada di kami

Terlapor: Nama : CAESAR F.B.C. WAURAN // KEKES
Jenis Kelamin : Laki-laki
Usia : 17 tahun
Pekerjaan : Pelajar kelas XII (kelas 3 SMA)
TB/BB : 170 cm / 50 kg
No. HP : 0878

􀀻 Pada hari Senin, 17 November 2008 sekitar pukul 13.00 wib pulang sekolah terlapor datang ke kantor pelapor (Ibunya) untuk meminta ijin pergi ke Jogja bersama temannya (pada saat itu terlapor mengatakan akan pergi bersama Vincent) dan berjanji akan pulang pada keesokan harinya Selasa, 18 November 2008. Pelapor memberi ijin terlapor untuk pergi ke Jogja karena keesokan harinya sekolah terlapor libur karena gurunya ada rapat pleno. Perlu diketahui pada saat berangkat terlapor tidak sedang memiliki masalah (tidak dimarah orang tua dan/atau memiliki masalah dengan teman).

􀀻 Terlapor pulang ke rumah untuk berganti baju dan langsung meluncur menuju Jogjakarta menggunakan kendaraaan YAMAHA JUPITER MX warna MERAH No.Pol. H 2494 JB (racing-kopling) dan mengenakan helm merk INK warna biru dan jeket berwarna hitam. Terlapor membawa uang sekitar Rp100.000,- dan tidak memiliki kartu atm atau kartu kredit.

􀀻 Pada hari yang sama, sekitar pkl. 15.30 wib pelapor menelepon terlapor via HP untuk menanyakan posisi terlapor dan dijawab oleh terlapor bahwa terlapor telah berada di Jogjakarta (pada saat itu pelapor tidak menyakan alamat dll.) Terlapor kembali mengkonfirmasi bahwa dirinya akan pulang ke Salatiga keesokan harinya dan dipesan supaya tidak pulang terlalu sore. Ini adalah komunikasi terakhir antara pelapor dengan terlapor.

􀀻 Hari Selasa, 18 November 2008 sekitar pukul 15.00 wib pelapor menghubungi HP terlapor akan tetapi ternyata HP-nya tidak aktif. Semenjak jam itu dan pada hari selanjutnya sampai kronologis ini disusun, berkali-kali HP terlapor dicoba dihubungi tetapi selalu dalam keadaan tidak aktif. Perlu diketahui bahwa mematikan HP bukan menjadi kebiasaan terlapor, dia biasa memberitahukan keberadaannya dan jika pergi akan pulang pada waktu yang dijanjikan.

􀀻 Hari Rabu, 19 November 2008 pelapor dan keluarga mencari informasi kepada teman-teman terlapor. Kemudian didapat no HP Vincent dan dihubungi ternyata ybs berada di Salatiga dan tidak pergi ke Jogjakarta dengan terlapor.

􀀻 Dari informasi teman-teman terlapor diketahui bahwa terlapor pergi ke Jogjakarta hendak menemui seseorang yang memiliki nama panggilan “ZIA” (mengaku berjenis kelamin perempuan). Informasi yang diketahui teman-teman terlapor, antara Zia dan pelapor berkenalan lewat website FRIENDSTER (www.friendster.com) dan game online AYODANCE. Mereka sebelumnya belum pernah bertemu. Informasi lain yang diperoleh adalah ZIA bersekolah di SMA Stela Duce 1 Jogjakarta kelas XII (kelas 3). Nama lengkap dll. dari Zia tersebut tidak diketahui oleh teman-teman terlapor.

􀀻 Hari Kamis, 20 November 2008 pelapor dan keluarga menuju SMA Stellla Duce Jogjakarta dengan membawa foto Zia untuk menanyakan perihal Zia kepada pihak sekolah. Foto tersebut oleh guru yang menemui kemudian diedarkan di kantor guru dan di kelas XII namun tidak ada seorang pun yang mengenali foto Zia tersebut. Akan tetapi ada seorang siswi yang menduga foto tersebut mirip dengan seorang siswi yang telah lulus pada tahun lalu dan benama R.R. Yohana
Petronella Dyah Kusumaningrum, pihak sekolah memberikan No. HP anak tersebut 08562957312 dan alamat ybs. Jl. Garuja No. 137 Sorowajan Jogjakarta. Pihak sekolah juga menginformasikan bahwa anak tsb. aktif sebagai peragawati. No. HP telah dihubungi dan ternyata telah tidak aktif. Alamat yang diberikan dicari dan kemudian ditemukan alamat tersebut namun tidak dikenal nama seperti tersebut diatas, tetangga juga tidak mengenal nama tersebut.


􀀻 Selanjutnya keluarga mendatangi POLWILTABES Jogjakarta sekitar pkl. 14.00 wib dan diterima laporan (tidak resmi) kemudian diberikan arahan supaya melapor terlebih dahulu di POLRES SALATIGA.


􀀻 Kemudian pelapor dan keluarga pulang ke Salatiga dan langsung menuju Polres Salatiga untuk membuat laporan orang hilang. Laporan tersebut diterima dengan No. Pol. : LP/276/XI/2008/SPK ditandatangani oleh Bito Supriyadi (AIPTU NRP 59010604). Pelapor juga telah dimintai keterangan oleh Kanit Serse mengenai laporan ini.


􀀻 Selanjutnya laporan tersebut akan digunakan terlapor untuk melakukan berbagai tindakan yang diperlukan guna menemukan terlapor dan sangat mengharapkan kerjasama dari pihak kepolisian untuk menemukan terlapor.


􀀻 Informasi tambahan didapatkan dari teman terlapor yang bernama TEMY bahwa terlapor sempat bermain online game AYODANCE dan berkirim pesan dengan Temmy pada hari Senin, 17 November 2008 sekitar pkl. 24.00 wib. Terlapor menuliskan bahwa dirinya berada di Kaliurang bawah sedang bersama seseorang yang bernama CEPY (perempuan), diakui sebagai kakak dari ZIA. Pada saat itu terlapor mengatakan belum bertemu sama sekali dengan ZIA. Temy bertanya terlapor akan kemana dan dijawab bahwa dia diajak oleh CEPY keatas (Kaliurang atas).


􀀻 Semenjak saat itu teman-teman terlapor tidak ada yang tahu kabar terlapor. Hari ini diperiksa waktu terakhir login friendster dan ayodance terjadi 3 hari yang lalu (hari Senin).

Catatan tambahan:
􀀻 Berdasar pengumpulan informasi dari teman-teman terlapor diketahui: Rencana awal terlapor pegi ke Jogjakarta bersama temannya yang bernama TEMY. Temy menceritakan bahwa dia sudah bersedia dan akan berangkat bersama terlapor; kemudian ZIA marah dan mengatakan tidak mau jika Temy ikut ke Jogjakarta. Oleh karena itu Temy kemudian tidak jadi ikut bersama terlapor ke Jogjakarta.


􀀻 Informasi lainnya: Antara terlapor dan Zia belum pernah berjumpa dan belum lama akrab, mereka ‘jadian/pacaran’ lewat telepon pada 11 November 2008. Zia mengaku tidak memiliki Hand Phone. Zia pernah bercerita bahwa ayahnya memiliki warnet didaerah Kaliurang. Zia pernah mengajak terlapor bertunangan. Zia mengatakan akan datang ke Salatiga tapi kemudian tidak jadi dan meminta terlapor yang datang ke Jogjakarta.

􀀻 Dari penyelidikan yang dilakukan teman-teman terlapor melalui internet dan jaringan yang dimiliki, diketahui ternyata ZIA telah melakukan modus yang sama pada orang lain. Dia mengajak bertunangan, mengatakan akan pergi ke kota orang yang diajak bertunangan tapi tidak jadi pergi kemudian justru meminta orang yang diajak bertunangan tsb. untuk datang ke Jogjakarta.


Salatiga, 20 November 2008
Wiwik Indriani, SH.,Sp.N. // Pelapor