Friday, May 19, 2006

Belajar HTML.... program untuk nulis blog/website


Hari ini aku mulai belajar nulis blog pake program HTML... moga2 bisa ya.

Untuk belajar, pertama-tama harus tahu syntax dan perintah yang sering digunakan.
Contohnya untuk memberitahu komputer bahwa itu merupakan perintah HTML harus dimulai dengan dan diakhiri dengan , contohnya "<>" berarti memulai huruf yang dicetak tebal (bold), dan < /b> berarti akhir dari huruf yang dicetak tebal.

Yo nyoba nulis program yang sederhana:

<>
<>INI BAGIAN JUDUL/HEADING< /head>

<>INI UNTUK NULIS CERITA< /body>
< /html>

Dengan mengetik seperti di atas, hasil yang didapatkan seperti berikut:

INI BAGIAN JUDUL/HEADING

INI UNTUK NULIS CERITA


Untuk mengganti warna huruf yang berbeda-beda, tinggal ketik sebagai berikut: < color="Blue">INI CONTOH WARNA BIRU!< /font>

Ini hasilnya:
INI CONTOH WARNA BIRU!

Contoh lainnya:
< color="Yellow">Hei... Aku Kuning...Ganti warnaku!< /font>
< color="Purple">Hoi... Aku si Ungu!< /font>

hasilnya:
Hei... Aku Kuning...Ganti warnaku!
Hoi... Aku si Ungu!

apa lagi ya????/ eh.... ini berarti aku lupa ngetik < /font> diatas, makanya warnanya tetap ungu!

nah
sudah ganti lagi kan ... makanya nggak boleh lupa ngetik perintah untuk menon-aktifkannya.


Begitulah anak-anak, pelajaran untuk mengetik blog dengan menggunakan bahasa HTML... Selamat mencoba dan belajar. Kalo udah pinter, ajari aku ya.

1 comment:

benkaripan said...

ehmm....Om, kalo mo ngerubah template blogger gimana Om? biar keren dikit, hee....