Monday, March 13, 2006

Hangzhou, China - 13 March 2006

Tugas kantor ke Hangzhou, China untuk mengunjungi supplier daun potong, bersama temen kerja, Jane.
Naik pesawat "Air China", berangkat dari Singapore pukul 07.45. Pesawat nggak terlalu penuh, sehingga agak nyaman. Nyampe Xiamen jam 12.00 untuk transit selama 1 jam. Foto ini diambil di Xiamen airport.
Di airport Xiamen, cuman jalan2 liat toko2nya, kemudian berangkat lagi ke Hangzhou pukul 1 siang.. nyampe Hangzhou pukul 2.30. Wow.. udara di sini dingin banget, menurut pengumuman di pesawat, suhu saat ini sekitar 3 - 4 derajat C. Padahal saat ini sedang termasuk musim semi, tapi udaranya kayak musim dingin aja.
Dijemput oleh salah satu staff supplier, kami diantar ke hotel tempat kami akan menginep. Menurut Mr. Jin, kemarin di sini turun salju lho... aku & Jane begitu berminatnya dan juga berharap agar ada kesempatan untuk liat salju turun...
Dari airport ke hotel sekitar 1 jam naik mobil dengan kecepatan rata2 120-140 km!!! Sepanjang perjalanan ke hotel, banyak bukit2 yang sebagian sudah digali untuk diambil apanya ya?? Aku lupa tanya nich... sorry! Rumah2 disini sepanjang jalan yang kami liat, kebanyakan seperti apartement 4-5 tingkat. Untuk bangunan yang agak baru, cantik juga lho.. kayak rumah liliput setelah kebiasaan ngeliat apartement di Singapore yg tingginya melangit!


Kami nginep di hotel Baiyun Hotel.. tepatnya resort. Di kamar ada komputer PCnya lho.. jadi kayak di rumah aja ya! Cuman sempat check-in dan cuci muka, kemudian dijemput untuk menemui boss dari Toyoshima group, karena beliaunya tidak ada waktu untuk menemui kami besok pagi. So.. berangkat deh ke kantor mereka. Setelah pertemuan yang tidak lebih dari 1 jam (eh.. kami masing2 dapat kalung mutiara lho dari bossnya Toyoshima gara2 kami ngasih oleh2 Martell (minuman keras) ke dianya!), kami diajak cari makan. ?
Sebelum itu.. aku liat ada pohon yang sedang berbunga, nggak keliatan daunnya, cantik deh.. langsung aja difoto untuk kalian ... cuman sayangnya fotonya nggak terlalu bagus, soalnya udah agak gelap.

Terakhir, dalam rangkat mencari tempat makan, terpaksa harus putar2 dulu, karena 2 restauran pertama yang kami datangi penuh semua... Mungkin lagi hari baik buat orang Cina, dimana-mana banyak pasangan yang menikah (termasuk di hotel tempat kami nginep lho!). Ada satu restoran dengan 3 pasang pengantin sekaligus...
Akhirnya, dapet juga tempat di restauran kecil di gang kecil. Masakannya lumayan enak, tadi pesan ikan masak taoco, kuah pangsit,
sayur (nggak tau apa namanya .. di foto yg warna merah itu) diorak-arik dengan telur, udang masak saus, asam-asam ikan yang pedas en sedap.., sejenis kerang masak bawang putih, dan juga sayur kailan cah jamur. Kami berempat, ditambah sebotol anggur dan nasi putih serta minuman... total billnya cuman RMB 180.00 (sekitar SGD36.00 ... tolong dirupiahkan sendiri ya.. mungkin sekitar Rp. 200 ribuan). Itupun kami udah makan sampai kekenyangan dan masih sempat dibungkus untuk dibawa pulang lho...

Itulah cerita untuk hari ini ya.. barusan sempat ngintip lewat jendela, diluar udara berkabut, enggak keliatan apa2. Saat ini di sini udah pukul 23.48. Mau bubuk dulu supaya besok ada tenaga untuk jalan2 dan nulis cerita lagi buat kalian.
Oh ya, waktu di Cina sama dengan waktu di Singapore, dan beda 1 jam lebih awal dibanding waktu Surabaya.

Good nite ....

No comments: