Saturday, August 25, 2007

Cuaca di Australia

Australia adalah benua yang paling kering di dunia dan termasuk negara 4 musim.
Cuaca di Australia sangat bervariasi meski sudah masuk ke musim tertentu. Kayak sekarang ini, mestinya late winter (musim dingin di Australia adalah Juni/Juli/Agustus), tapi udaranya tidak terlalu dingin, berkisar antara 8-20 degree C. Matahari bersinar cukup terik di siang hari, bahkan semalam di daerah tertentu turun hujan. Beberapa tahun yang lalu (tahun 2002) waktu aku ke sini di musim panas (bulan Desember), malah bisa langsung merasakan seolah-olah mengalami beberapa musim sekaligus: udara dingin (pake baju berlapis2), panas terik, dan juga hujan lebat.
Sedang 3 tahun yang lalu (tahun 2004) aku ke sini bulan January, juga musim panas. Saat itu aku harus ke Adelaide untuk mengunjungi salah satu customer di sono. Aku pikir, woah.. ntar di Adelaide pasti panas, soalnya waktu kami booking hotel, ditanya mau yang pake SPA (bathtub kayak jacussi, gitu lho) di dalam kamar gak? Aku pikir, ngapain ada SPA segala? Karena customer yang booking-in hotel ngotot, ya udahlah... aku bilang OK. Alasannya ternyata karena minggu2 sebelum kami tiba, udara di Adelaide berkisar 42-44 degree C.. jadi dia ketakutan kalau kami kepanasan dan gak tahan. Kami juga bawa baju2 ringan aja, dengan bekal info tadi. Untungnya (hehe.. dasar orang Indonesia, segala sesuatu selalu UNTUNG, gak mau rugi!), pagi hari sebelum berangkat ke Adelaide, cuaca di Melbourne sangat dingin (sekitar 10 degree), jadilah kami (aku dan Bagio) pake jaket segala. Ternyata waktu kami sampai di Adelaide, udaranya juga sangat dingin... Huh........ kami bersyukur karena bawa jaket, kalau gak kan harus beli lagi.
Makanya kalau ke Australia (ihh.. sok ngasih nasihat ya!!), pada musim apapun, sebaiknya selalu bawa baju dingin, karena udaranya bener2 gak bisa dipercaya.
Kecuali kalau ke Perth, Brisbane/GoldCoast, dan Northern Territory, udaranya cenderung agak stabil, meski musim dingin tapi tidak terlalu dingin.

Sekedar pamer beberapa foto yang aku ambil 2 hari kemarin:
Chicken Schnitzel dan potato cream (nama sebenarnya apa, aku gak jelas, yang pasti ukurannya besar dan rasanya enak), harganya sekitar A$6.50-7.00


















Langit biru, pohon2 banyak yang berbunga (meski ada yang masih kering tanpa daun sama sekali), bener2 gak kayak musim dingin ya..

Gambar tersebut di atas aku ambil dari mobil di pinggir jalan. Bunga kuning berbunga lebat, katanya sih kalau tanaman ini berbunga sering menyebabkan orang kena Hay fever... Makanya aku gak berani terlalu mendekat.

Labels:

1 Comments:

  • enak'e....kerja sekalian dolan2 yo mbak.opo dolan nyambi kerja? yg penting jaga kesehatan kalo musimnya lagi gak begitu bersahabat.miss u mbak.....

    By Blogger ibu aci, at 10:57 AM  

Post a Comment

Links to this post:

Create a Link

<< Home


 
Fave Song: Du by Peter Maffay OR You Raise Me Up by Josh Groban; (SWITCH OFF the Hymnal before start this song)