Wednesday, May 16, 2007

Satay........ Sate......... Anyone???

Gara2 pernah bikin sate waktu ngumpul2 di rumah, minggu kemarin didaulat untuk bikin sate ayam lagi di acara kumpul2 karena ada temen yang kedatangan calon (istri & mertuanya) dari Taiwan.

Kalau mau ada yang pesen, kasih tau ya....... (hihihi......... mencoba bizniz baru nih...)! Murah meriah.... dan yang pasti katanya sih enak....... bikin 100 tusuk dari 3 ekor ayam.

Step-by-step dari bahan mentah sampai hampir abis...........:

Daging ayam di potong2 kecil2 kotak..... kalau aku sih aku pisahin yg daging dan yang bagian kulit/lemak... Tiap tusuk aku kasih 3 potong dagind dan 1 potong kulit/lemak supaya waktu dibakar lebih harum & enak..
Sebelum dibakar aku rendam dengan kecap manis dan irisan bawang putih (ala susana nih..).

Sewaktu dibakar aku celupkan di adonan bumbu kacang (bumbu sate) dengan campuran kecap, supaya rasanya mantap dan warnanya gak pucat.

Bakar satenya pake alat barbeque electric.. gak pake acara keluar asap, jadinya sangat praktis. Alat ini aku dapat dari tukar pointnya kartu kredit beberapa taon yang lalu.

Penampakan sate yang sudah matang dan tinggal disantap..... Kalau bikin banyak, yang mentah bisa disimpan beku ataupun dipanggang setengah matang dulu.

Sebagai pendamping sate, aku sajikan lontong, irisan timun dan bawang merah serta bumbu kacang dari merk KarangSari... Happy lah hati ini.... karena sateku laris manis........

Ayo ngumpul untuk nyate yok...........

Te... sate....... ueenaak......... tak iya........... (hihi.. niru gaya orang madura kalau menjajakan sate ayam di kampungku Petemon di Surabaya..........)