Monday, May 07, 2007

Kejujuran

Sekedar mau bercerita tentang kejujuran yang aku alami .....

Waktu aku baru memulai bisnis Bakul Indo dan Sophie Martin, ada seorang PLRT bernama samaran XG yang menyapa dari YM! Dia mau mencoba menjalankan bisnis tersebut di temen2nya...... Lumayan juga ... pesanan dia total lebih dari 200-an doller.

Anaknya pinter dan rajin. Dia dikasih kebebasan oleh employernya untuk memakai komputer yang dirumah dan boleh memakai internet segala. Aku bilang ke dia "Wah ... employer kayak gini ini bener2 jarang lho........ sebaiknya kamu hati2 menjaga kepercayaan yang dia berikan supaya bisa tetap kerja". Juga sewaktu dia udah mulai dapat off-day 2 minggu sekali. Dimanfaatkan olehnya untuk ke KBRI belajar bahasa Inggris dan dia juga belajar bahasa Mandarin (gak tau dari mana?).

Suatu hari..... tiba2 aku terima telpon dari seseorang yang tidak aku kenal, yang bernama Ati. Dia mengaku temennya XG dan ngasih tau kalau XG udah diantar pulang ke Indonesia.... Woah... aku kaget juga, emang kesalahan apa yang dia buat sampai harus dipulangkan ke orangtuanya gitu....... Tapi aku gak punya kesempatan untuk mencari tau dari XG sendiri.

Ati nelpon bukan sekedar mau ngasih tau kalau XG udah gak kerja di singapore, tapi karena dia disuruh XG untuk menanyakan berapa utang dia untuk barang yang pernah dia bawa dan belum dibayar......... Kaget nomor dua........ koq bisa2nya XG punya pikiran untuk membayar utang dia kalau dia sendiri udah gak di sini... (terus terang, aku aja udah lupa barang apa aja yang masih di dia, dan berapa jumlahnya, meski ada catatan untuk itu...).
Aku bilang ke Ati, okay deh... ntar aku cari catatan itu dan kasih tau. Berhubung waktu itu aku harus siap2 ke Indonesia untuk biz trip, aku bilang, kasih waktu 2 minggu ya....

Terus terang, aku males bongkar2 catatan untuk mencari total uangnya.. paling2 aku pikir juga 20 doller, ya udah deh.. itung2 buat pesangon dia. Eh... minggu kemarin Ati sms ke aku lagi dan nanyakan berapa pastinya yang harus dibayar......... kaget nomor tiga.... Aku bilang ke dia, kamu tanya ke XG aja deh, berapa yang harus dia bayar.......

Agak sorean, Ati telpon aku dan bilang, kata XG, totalnya sekitar 40-an doller...... kaget nomor empat........ duh.......... aku bener2 terharu dan kaget, dijaman kayak gini koq masih ada orang2 dengan penghasilan minim gitu yang masih juga begitu jujur... Bukan cuman untuk XG, tapi juga Ati (yang belum pernah ketemu dengan diriku)... Terus terang, aku merasa uang 40 doller pastinya cukup banyak buat mereka kan...? Dan aku juga tidak pernah nagih atau nanyakan ke XG lho...... Bener2 orang2 langka yang aku rasa susah ditemui saat ini.

XG, kalau kamu sempat baca tulisan ini, terima kasih atas kejujuran kamu. Aku cuma bisa mendoakan semoga kamu bisa berhasil di masa mendatang dan belajar dari pengalaman kamu di masa lampau untuk mencapai kesuksesan dalam hidupmu.

6 comments:

Suandy & Santy said...

Salut banget ama XG dan Ati.. Masih begitu jujur di zaman amburadul macem sekarang.. Semoga Tuhan selalu menyertai mereka berdua..

Lia said...

waduuuh mbak susan susah mencari orang yg jujur kayak XG....tapi mbak susan orang jujur pastinya di sayang tuhan kan, mudah2an dia bahagia aja di manapun dia berada.

Anonymous said...

orang jujur ketemu orang jujur....itu hukum alam katanya. artinya kamu orangnya juga jujur susan...heehehehe

yuliana
http://sinarta.com

Miming said...

Salut deh mbak sama XG itu, dia menjaga kejujuran dan trust dr orang lain.

Kebalikannya mbak, aku dpt masalah. Oramg kepercayaan, agen sebuah pers asuransi yg aku pake. menyalahgunakan kepercayaan kami. Uang premi kita gak dia bayarkan, pdhl ini kan bisnis trust ya. Untung masalah langsung ditangani persh asuransi tsb.

Cuma penyalahgunaan trust itu loh, sayang kan...

sari said...

setuju sama yuliana, org baik kayak tante ya insya Allah ketemunya sama org baik. seneng deh bisa kenal ma tante :)

cika said...

emang jarang banget ketemu orang2 seperti mereka...
all the best ya XG and Ati